Tentang Perang Dunia I dan II

Perang dunia I dan II tidak hanya menimbulkan dampak negatif saja, tetapi juga menimbulkan dampak positif. Dengan adanya perang dunia banyak yang terjadi terhadap dunia. Meskipun negara kita, Indonesia tidak terlibat dalam perang dunia, tetapi juga terkena dampaknya dari perang dunia. Dunia juga banyak mengalami perubahan usai terjadinya peperangan.

Seperti yang kita tahu perang dunia I adalah sebuah perang  yang menggunakan berbagai teknologi canggih dan memaksa hampir seluruh populasi dunia terlibat. Perang ini banyak sekali menimbulkan dampak yang besar bagi kehidupan. Di bidang politik terjadi,  adanya perubahan teritorial, munculnya paham-paham baru dan diktatorisme bermunculan.


Di bidang sosial perang dunia I menimbulkan kemiskinanan, kesengsaraan, dan penderitaan. Di bidang ekonomi, egoisme ekonomi menimbulkan paham paham politik ekonomi seperti, komunisme, fasisme, nazi dan etatisme. Dan juga menyebabkan krisis ekonomi dunia.


Namun, pada perang dunia I. Woodrow wilson presiden AS mengajukan untuk mengakhiri perang dan menjamin perdamain, dengan terbentuknya LBB (Liga Bangsa-Bangsa). Tetapi ternyata terbentuknya LBB tidak bertahan lama karena tidak menjalankan tugas dengan baik. Maka dari itu sejak itulah terjadinya Perang Dunia II.



Dalam perang dunia II hampir melibatkan sebagian besar negara yang ada di dunia. Dan juga merupakan perang terbesar yang pernah ada. Perang dunia II juga memiliki dampak dan berpengaruh sangat luas pada kehidupan bangsa dan negara.


Dalam bidang politik, perang ini memunculkan kekuatan besar dunia yakni ideologi liberalisme dan ideologi komunisme. Dan juga munculnya perang dingin. Di bidang ekonomi, perang ini membuat kondisi ekonominya mengalami kerusakan. Dan di bidang sosial, terjadi kemiskinan, kelaparan, serta penderitaan merajalela.


Tetapi, dibalik itu semua perang dunia II menimbulkan menguatnya semangat nasionalisme, dalam bidang ekonomi juga ada lembaga donatur yang membantu, lahirnya badan sosial untuk menolong korban perang seperti UNRRA (United Nation Relief Rehabilitation Administration) serta terbentuknya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mencapai perdamaian dunia.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Dewi Sartika

Perang Teluk 1 dan 2

SEJARAH MENGINGATKAN KITA ATAS APA YANG TELAH TERJADI DI MASA LAMPAU