SEJARAH MENGINGATKAN KITA ATAS APA YANG TELAH TERJADI DI MASA LAMPAU

SEJARAH BERPERAN PENTING BAGI KEHIDUPAN


Sangat disayangkan bila manusia di zaman sekarang melupakan hal-hal yang sangat penting, seperti
sejarah. Karena manusia dan sejarah memiliki kaitan yang sangat erat, tanpa manusia sejarah tidak ada. Salah satu contoh pengertian sejarah menurut Moh. Ali adalah bahwa sejarah merupakan keseluruhan perubahan dan kejadian-kejadian yang benar-benar telah terjadi. Sejarah adalah ilmu yang menyelidiki perubahan-perubahan yang benar-benar terjadi di masa lampau. Baik di masa lampau maupun di masa sekarang sejarah itu sangat penting. Dengan kita tahu apa yang telah terjadi di masa lampau kita harus bisa mengupayakan atau membuat perubahan-perubahan yang lebih baik di masa sekarang.

Kehidupan pasti penuh lika-liku, seperti yang telah terjadi pada para pahlawan yang telah membela, menjaga, bahkan berperang demi memerdekakan negara Indonesia ini. Kita pasti tahu seberapa beratnya para pahlawan untuk membuat Indonesia merdeka, tetapi mereka tidak pernah mengeluh dan terus berjuang. Hingga hari ini tiba, hari dimana kita berpijak pada tanah yang dipenuhi oleh berbagai teknologi yang ada. Maka dari itu sejarah sangat penting bagi kehidupan jika tidak ada sejarah, negara kita tidak ada di masa sekarang.


Sejarah menuntun kita agar bisa berbuat lebih baik di masa sekarang dan masa masa berikutnya. Seperti contoh jika dahulu para pahlawan menjaga dan membela negara kita dengan cara berperang hingga nyawa menjadi taruhan, maka di kehidupan sekarang kita harus memperbanyak prestasi, menghargai dan menghormati orang lain, menyatukan tekad dan tujuan agar bisa mengharumkan nama negara dan menjadikan negara lebih merdeka dari sebelum-sebelumnya.

Sejarah bukan hanya sekedar wacana, tetapi sejarah adalah pelajaran yang berisi tentang kehidupan di masa lalu yang memiliki dan melewati berbagai macam proses hingga terbentuknya masa yang terbaik.

Masa lalu, masa sekarang, dan masa depan sangat berkaitan. "Mengapa kita harus belajar sejarah?"  Karena sejarah adalah gambaran masa depan kita. Di dunia ini, di kehidupan ini tidak ada yang serba instant semua pasti dilalui oleh proses. Maka dari itu ayo belajar sejarah mulai sekarang agar tidak ada yang disia-siakan di masa depan, karena apa yang terjadi hari ini pasti ada kaitannya pada hari esok ataupun di masa mendatang. Jadi, pergunakanlah waktu mu dengan baik agar dapat tercipta sebuah sejarah yang sangat berharga bagimu.





     Tulisan ini didasari atas buku, pemikiran, ide-ide saya dan berbagai sumber lainnya. Semoga dengan tulisan di blog ini dapat menginspirasi dan menyadarkan betapa pentingnya belajar sejarah. Jika ada kesalahan kata mohon maaf ya. Sekian terimakasih.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Dewi Sartika

Perang Teluk 1 dan 2